Semifinal MFQ Diwarnai Persaingan Ketat, Ofisial Mengaku Terinspirasi

Suasana semifinal MFQ di GOR Pertamina UB, Selasa (1/8)

Musabaqah Fahmil Quran (MFQ) yang menjadi bagian tak terpisahkan dari gelaran akbar Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) XV 2017 Universitas Brawijaya (UB) dan Universitas Negeri Malang (UM) masih terus berlanjut pada Selasa (1/8). Dalam babak semifinal ini, para peserta terus bersaing untuk mendapatkan tiket menuju final.

MFQ ini awalnya diikuti oleh 108 peserta dari berbagai perguruan tinggi. Lomba tersebut menguji tentang pengetahuan kafilah dalam pemahaman akidah, syariah, akhlak, Ulumul Quran, bahasa Arab, dan Inggris, menerjemahkan Alquran dan Hadits, kemasyarakatan, lingkungan hidup, kependudukan, kesejahteraan, kerukunan, ilmu pengetahuan dan teknologi, dan lain-lain. Pada babak semifinal, musabaqah yang berbentuk cerdas cermat ini diikuti 24 tim yang lolos.

Koordinator musabaqah, Muhammad Fajri menjelaskan bahwa setelah melalui babak semifinal, enam peserta akan dipilih menuju babak final. “Peserta dengan nilai tertinggi akan lolos ke babak final,” ujarnya ketika ditemui di GOR Pertamina UB, Selasa (1/8). Pada babak final yang akan diselenggarakan Rabu (2/8), keenam tim akan menunjukkan kemampuan terbaiknya demi mengejar gelar jawara.

Sementara itu, salah satu ofisial dari Universitas Islam Al-Azhar Mataram, Sahwan, S.Pd.I, M.Pd.I. menjelaskan bahwa ia sangat bersyukur timnya bisa masuk ke semifinal. “Banyak sekali persiapan, mas, seperti mencari soal-soal baik di tingkat kabupaten maupun nasional,” ujarnya. Menurutnya, persiapan tersebut belum dilakukan melalui Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) karena belum terbentuk di kampusnya. “Pesertanya juga dari berbagai macam fakultas, mas, ada yang dari Kedokteran, Hukum, dan Teknik,” ujarnya. Namun, lanjut Sahwan, MTQMN kali ini memberikan inspirasi baru kepada kampusnya agar ketika pulang nanti segera membentuk LPTQ. “Biar pengembangannya lebih terkontrol,” tutupnya.

Penulis : Arvendo Mahardika

Editor  : Fathiyatul Ummah

Youtube Channel

Kontak

Sekretariat MTQ Mahasiswa Nasional XV Tahun 2017 ada di 2 (dua) lokasi:
  • Kantor Bagian Kemahasiswaan, Gedung Rektorat Lantai III Universitas Brawijaya, Jalan Veteran No. 1 Malang. Telp 0341-551611 ext 121, 122, 123. Fax. 0341-565420. Sekretariat di kampus UB ini sekaligus berfungsi sebagai Sekretariat Bersama.
  • Kantor Bagian Kemahasiswaan, Gedung A3, Lantai III Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang Nomor 5 Malang. Telp. 0341-551312, psw. 136 atau 138.
E-mail: panitiamtqmn15@ristekdikti.go.id
Weblink :

Four things support the world: the learning of the wise, the justice of the great, the prayers of the good, and the valor of the brave

Prophet Muhammad Source Title

Twitter Stream

Instagram Stream

View on Instagram @mtqmn15

Event Holder