Mutiara Lombok : Diva Mataram Hadir di Bazzar MTQMN XV

mutiara lombok, Diva Mataram hadir di MTQMN XV

Bazzar dan pameran MTQMN XV menghadirkan mutiara lombok, perhiasan khas kota Mataram, Lombok. Lebih dari 70 stand memenuhi lapangan parkir Graha Cakrawala, Universitas Negeri Malang (UM). Salah satu stand yang paling menarik adalah stand bertuliskan nama mutiara lombok di depannya. Dari kejauhan sudah terlihat kilauan-kilauan mutiara yang menyilaukan dengan warna dan corak yang indah. Pulau Lombok, Mataram, Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu penghasil dan pengrajin mutiara terbaik di dunia.

Mutiara yang dibudidayakan ada dua jenis. Yakni, mutiara jenis air tawar dan mutiara jenis air laut. Budidaya mutiara sudah menjadi seni sekaligus budaya yang terus dipertahankan dan tentunya dikembangkan untuk meningkatnya citra bangsa Indonesia di kancah internasional. Di antara dua jenis mutiara tersebut, mutiara laut cenderung lebih mahal dibanding air tawar.

Satu hal yang sangat membanggakan dapat menemukan mutiara yang hanya ada di Pulau Lombok, NTB. MTQMN XV secara luar biasa telah mensiarkan Alquran sekaligus memperkenalkan budaya mutiara lombok khas Pulau Lombok dengan pantainya yang menakjubkan tersebut. Ada berbagai macam warna dari mutiara lombok ini. Di antaranya, putih, emas, merah dan lain-lain.

“Mutiara lombok itu asli dari Lombok Indonesia, hasil alam negara sendiri yang terbaik. Kami terus mempertahankan budaya menanam mutiara lombok,” jelas Ayuddin, salah seorang penjual mutiara lombok di Bazzar MTQMN XV.

Mutiara lombok adalah mutiara berkualitas tinggi yang tidak kalah indah dari mutiara luar negeri. Budaya dari mutiara ini adalah seni khas yang diukir untuk pinggiran mutiara, seperti tali gelang, kalung maupun cincin. Ukiran tersebut sangat khas dan tidak mudah untuk ditiru.Kholifah

 

Penulis : Khuswatul Kholifah

Editor  : Fathiyatul Ummah

Youtube Channel

Kontak

Sekretariat MTQ Mahasiswa Nasional XV Tahun 2017 ada di 2 (dua) lokasi:
  • Kantor Bagian Kemahasiswaan, Gedung Rektorat Lantai III Universitas Brawijaya, Jalan Veteran No. 1 Malang. Telp 0341-551611 ext 121, 122, 123. Fax. 0341-565420. Sekretariat di kampus UB ini sekaligus berfungsi sebagai Sekretariat Bersama.
  • Kantor Bagian Kemahasiswaan, Gedung A3, Lantai III Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang Nomor 5 Malang. Telp. 0341-551312, psw. 136 atau 138.
E-mail: panitiamtqmn15@ristekdikti.go.id
Weblink :

Four things support the world: the learning of the wise, the justice of the great, the prayers of the good, and the valor of the brave

Prophet Muhammad Source Title

Twitter Stream

Instagram Stream

View on Instagram @mtqmn15

Event Holder