Musabaqah Fahmil Qur’an: 108 Kafilah Unjuk Gigi Pemahaman Quran Beserta Isinya

Musabaqah Fahmil Quran (MFQ) merupakan musabaqah atau perlombaan yang menguji pengetahuan kafilah dalam pemahaman Al-Quran, hadist dan dunia islami. Tahun ini, MFQ menyumbang kafilah paling banyak di MTQMN XV, yaitu sejumlah 108 tim dari universitas-universitas di seluruh pelosok negeri.

Acara dimulai dengan pembacaan tata tertib oleh ketua dewan hakim MFQ, yaitu H. Amir Tjoneng dari UMI Makassar. Di sela-sela pembacaan tata tertib, Amir Tjoneng berpesan agar lebih berhati-hati dalam menjawab dan tidak terburu-buru menekan bel sebelum soal selesai dibacakan, karena terdapat pengurangan nilai cukup signifikan.

Menurut keterangan koordinator acara MFQ, Muhammad Fajri, terdapat beberapa perubahan, yaitu pengurangan jumlah soal dari sepuluh menjadi tuju untuk soal regu. Dalam kompetisi tersebut delapan sesi MFQ rampung hingga pukul 17.45 WIB.

“Acara lancar walau awalnya terdapat keterlambatan pada awal acara, seluruh panitia berkoordinasi dengan baik sehingga setiap waktu dapat digunakan dengan seefektif mungkin,” kata Muhammad Fajri.

MFQ kali ini juga diramaikan oleh supporter yang berada di tribun. Mereka ikut menjawab serta memberi semangat untuk peserta pada tim yang didukungnya. Bahkan beberapa kali pertanyaan yang tidak bisa dijawab oleh kafilah dijawab dengan benar oleh mereka. Antusisas ini menunjukkan bahwa masih banyak pemuda qurani saat ini yang memiliki pengetahuan Al-Qur’an dan keislaman.

“Kami berharap bahwa ilmu agama khususnya pemahaman Al-Quran dimiliki dan diminati lebih oleh generasi saat ini, khususnya mahasiswa,” kata H. Amir. (diah/Humas UB)

Youtube Channel

Kontak

Sekretariat MTQ Mahasiswa Nasional XV Tahun 2017 ada di 2 (dua) lokasi:
  • Kantor Bagian Kemahasiswaan, Gedung Rektorat Lantai III Universitas Brawijaya, Jalan Veteran No. 1 Malang. Telp 0341-551611 ext 121, 122, 123. Fax. 0341-565420. Sekretariat di kampus UB ini sekaligus berfungsi sebagai Sekretariat Bersama.
  • Kantor Bagian Kemahasiswaan, Gedung A3, Lantai III Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang Nomor 5 Malang. Telp. 0341-551312, psw. 136 atau 138.
E-mail: panitiamtqmn15@ristekdikti.go.id
Weblink :

Four things support the world: the learning of the wise, the justice of the great, the prayers of the good, and the valor of the brave

Prophet Muhammad Source Title

Twitter Stream

Instagram Stream

View on Instagram @mtqmn15

Event Holder