Musabaqah Debat Ilmiah Kandungan Alquran dengan Bahasa Arab: Enam Belas Tim Siap Bertarung di Perempat Final

Penyisihan Musabaqah DIA berlangsung sangat sengit.

Setelah melewati babak penyisihan yang ketat dengan 53 tim, 16 tim berhasil memasuki babak perempat final Musabaqah Debat Ilmiah Kandungan Alquran dengan Bahasa Arab (DIA), yang merupakan salah satu cabang yang dipertandingkan perhelatan akbar Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) XV yang terselenggara atas kerjasama Universitas Brawijaya (UB) dan Universitas Negeri Malang (UM).

Panitia Musabaqah DIA, Ana Nur Lailatul menjelaskan pada babak perempat final, semifinal, dan final, mosi bersifat impromptu, yang artinya mendadak dan spontan, dengan mosi-mosi baru dan tetap diberi kesempatan case building 15 menit sebelum pelaksanaan debat tim. “Babak semifinal akan dilaksanakan langsung pada Selasa (1/8) siang, pukul 13.00,” ujarnya. Itu berarti, setelah babak perempat final akan langsung dilanjut dengan semifinal pada siangnya.

Berdasarkan data yang didapat Kabare, keenambelas tim yang lolos di antaranya berasal dari Institut Pertanian Bogor, Universitas Gadjah Mada, Universitas Sebelas Maret, Universitas Airlangga, dan Universitas Indonesia. Kedua tuan rumah yakni UB dan UM juga lolos babak perempat final. Selain itu, perguruan tinggi yang berkesempatan mengikuti babak perempat final ialah Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Darussalam Gontor, Universitas Sumatera Utara, Universitas Trunojoyo Madura, Universitas Islam Indonesia, dan Universitas Al Azhar Indonesia. Mereka akan berlaga di Aula Perpustakaan UM pada Senin (31/7) pukul 07.30, setelah melakukan registrasi dan undian match up.Arvendo

Penulis : Arvendo Mahardika

Editor  : Fathiyatul Ummah

Youtube Channel

Kontak

Sekretariat MTQ Mahasiswa Nasional XV Tahun 2017 ada di 2 (dua) lokasi:
  • Kantor Bagian Kemahasiswaan, Gedung Rektorat Lantai III Universitas Brawijaya, Jalan Veteran No. 1 Malang. Telp 0341-551611 ext 121, 122, 123. Fax. 0341-565420. Sekretariat di kampus UB ini sekaligus berfungsi sebagai Sekretariat Bersama.
  • Kantor Bagian Kemahasiswaan, Gedung A3, Lantai III Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang Nomor 5 Malang. Telp. 0341-551312, psw. 136 atau 138.
E-mail: panitiamtqmn15@ristekdikti.go.id
Weblink :

Four things support the world: the learning of the wise, the justice of the great, the prayers of the good, and the valor of the brave

Prophet Muhammad Source Title

Twitter Stream

Instagram Stream

View on Instagram @mtqmn15

Event Holder