Menggoreskan Budaya Nusantara Melalui Kreativitas Qurani

Kegiatan MTQMN XV ini semakin lengkap dengan adanya acara pendukung yang diusung kedua universitas yakni Universitas Negeri Malang (UM) dan Universitas Brawijaya (UB) . Kaligrafi yang merupakan seni menulis dengan indah ayat-ayat Alquran ini juga menjadi salah satu acara pendukung dalam MTQMN XV. Salah satunya acara Workshop Khat yang diselenggarakan oleh UM. Hal senada juga diungkapkan oleh K.H.M Faiz Abdur Rozaq, Lc. “Khot merupakan tulisan indah yang sekarang ini disebut kaligrafi,” ujarnya. Acara ini diselenggarakan untuk memeriahkan MTQMN XV.

Pada Minggu (30/7) dilaksanakan Workshop Khat yang berlangsung di Aula AVA E6, Fakultas Sastra, UM. Sesuai dengan kegiatan MTQMN XV, acara ini mengusung tema “Mengukuhkan Budaya Nusantara Melalui Kreativitas Qur’ani”. Acara ini menghadirkan kaligrafer terkenal Nasional. Mereka adalah K.H.M Faiz Abdur Rozaq, Lc selaku penulis Mushaf Istiqlal (Alquran terindah di dunia) dan Athoillah, S.Pd, M.Pd selaku Pendiri Sekolah Kaligrafi Alquran (SAKAL).

Dalam acara ini peserta akan diberi peralatan dan bahan untuk membuat kaligrafi. Ada kertas instrik, tinta, dan handam. Dalam workshop ini juga akan ada praktek langsung membuat kaligrafi. Tidak lupa acara ini dihibur dengan penampilan dari grup musik Arrizal. Peserta yang sudah datang sekitar 108 orang dari 200 orang yang sudah ditargetkan panitia. Dalam acara ini pemateri membagikan mengenai pengetahuan kaligrafi mereka serta sejarah dari kaligrafi.

 

Penulis : Rosa Briliana

Editor : Fathiyatul Ummah

Youtube Channel

Kontak

Sekretariat MTQ Mahasiswa Nasional XV Tahun 2017 ada di 2 (dua) lokasi:
  • Kantor Bagian Kemahasiswaan, Gedung Rektorat Lantai III Universitas Brawijaya, Jalan Veteran No. 1 Malang. Telp 0341-551611 ext 121, 122, 123. Fax. 0341-565420. Sekretariat di kampus UB ini sekaligus berfungsi sebagai Sekretariat Bersama.
  • Kantor Bagian Kemahasiswaan, Gedung A3, Lantai III Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang Nomor 5 Malang. Telp. 0341-551312, psw. 136 atau 138.
E-mail: panitiamtqmn15@ristekdikti.go.id
Weblink :

Four things support the world: the learning of the wise, the justice of the great, the prayers of the good, and the valor of the brave

Prophet Muhammad Source Title

Twitter Stream

Instagram Stream

View on Instagram @mtqmn15

Event Holder