Melalui festival kaligrafi, Ingin Kukuhkan Budaya Nusantara

Suasana festival kaligrafi, peserta antusias melukis

Rangkaian acara pendukung masih menyemarakan Musabaqoh Tilawatil Quran Mahasiswa Tingkat Nasional (MTQMN) XV 2017 yang diselenggarakan di Universitas Universitas Negeri Malang (UM) dan Universitas Brawijaya (UB). Salah satu acara pendukung yang cukup ditunggu adalah festival seni kaligrafi. Festival kaligrafi diselenggarakan (1/8) di pelataran Fakultas Matematik dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), UM.

Penyelenggaraan festival kali ini diikuti oleh pelajar tingkat SLTA sederajat. Tiga puluh dpeserta dari penjuru Jawa Timur. Berbeda dengan kebanyakan tema yang diangkat dalam festival kaligrafi pada umumnya, kali ini mengangkat tema yang unik yaitu Mengukuhkan Budaya Nusantara Melalui Kreativitas Qurani. Lena Lusiana, selaku panitia mengungkapkan, “Tema kita kali ini adalah tema yang jarang diambil. Kita memilih tema kali ini karena kita harus sadar bahwa kita ini bangsa Indonesia yang kaya akan budaya, ras dan agama. selain kita menanamkan jiwa qurani, kita juga ingin menyadarkan diri sejak dini bahwa berbudaya itu penting, berbudaya itu mahal. Jadi di sini kita menekankan bahwa kebudayaan kita bukan merupakan kebudayaan yang menolak Islam, tetapi kebudayaan yang mampu menyesuaikan diri dengan kebudayaan Islam,” tuturnya. Setelah festival kaligrafi selesai, peserta akan melakukan hand printing pada kain yang telah disediakan dengan tulisan huruf kha dan ta yang mengartikan tentang Festval Khattil Quran atau lebih dikenal dengan sebutan kaligrafi.

Penulis            : Rodli Sulaiman

Editor             : Fathiyatul Ummah

Youtube Channel

Kontak

Sekretariat MTQ Mahasiswa Nasional XV Tahun 2017 ada di 2 (dua) lokasi:
  • Kantor Bagian Kemahasiswaan, Gedung Rektorat Lantai III Universitas Brawijaya, Jalan Veteran No. 1 Malang. Telp 0341-551611 ext 121, 122, 123. Fax. 0341-565420. Sekretariat di kampus UB ini sekaligus berfungsi sebagai Sekretariat Bersama.
  • Kantor Bagian Kemahasiswaan, Gedung A3, Lantai III Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang Nomor 5 Malang. Telp. 0341-551312, psw. 136 atau 138.
E-mail: panitiamtqmn15@ristekdikti.go.id
Weblink :

Four things support the world: the learning of the wise, the justice of the great, the prayers of the good, and the valor of the brave

Prophet Muhammad Source Title

Twitter Stream

Instagram Stream

View on Instagram @mtqmn15

Event Holder