Kemewahan dan Keunikan Panggung Musabaqah Tartil Quran MTQMN 15

Serangkaian acara MTQMN XV tahun 2017 sudah memasuki hari kedua, yaitu hari Sabtu, 29 Juli 2017. Pada hari ini telah berlangsung beberapa rangkaian acara dan lomba, salah satunya adalah lomba Musabaqah Tartil Quran yang bertempatkan di UBTV, lantai 2 Gedung Rektorat Universitas Brawijaya. Para peserta membaca ayat Al-Quran yang telah ditentukan dengan metode membaca tartil, yaitu membaca Al-Quran dengan pelan-pelan dan tidak tergesa-gesa.

Yang berbeda dalam pelaksaanaan cabang ini adalah ruangan membaca para peserta. Setelah pengambilan nomor undian dan persiapan, para peserta membaca ayat Al-Quran di dalam sebuah kubikel berselubung kaca yang terdapat di atas panggung. Kubikel ini telah didekorasi dengan mewah, dengan latar belakang kain hitam, bintang, dan kerlipan cahaya yang memberikan kesan damai.

Panggung lomba tartil ini begitu berbeda dengan lomba-lomba tartil lainnya. Pada umumnya, fasilitas peserta saat lomba tartil hanyalah sebuah meja atau tempat Al-Quran, Al-Quran, dan microphone. Namun, hal yang berbeda telah diberikan pada lomba ini. Peserta memasuki kubikel berbentuk segi delapan berselubung kaca yang di dalamnya sudah terdapat tempat Al-Quran beserta Al-Quran yang telah disediakan oleh pihak penyelenggara acara. Dua buah microphone juga sudah tersedia lengkap dengan stand-nya sehingga peserta tidak perlu bersusah payah memegang microphone sambil membaca al-quran. “Panggungnya keren, biasanya kalau lomba tartil yang disediakan hanya meja kecil dan microphone,” ujar Agustin, salah satu peserta Musabaqah Tartil Quran.

Pemilihan desain tersebut memberikan kesan langit malam dimana hal-hal tersebut memberikan atmosfer kesan damai kepada para penonton maupun peserta. Sekeliling kubikel pun dihias dengan semak-semak dan bunga sintesis, membuatnya menimbulkan kesan alami yang terdapat pada panggung. Kubikel dengan selubung kaca memberikan kualitas akustik yang baik kepada peserta yang berada di dalam kubikel, sehingga peserta dapat tetap fokus dan tenang dalam membaca al-quran serta tidak akan terganggu dengan kebisingan yang terdapat di sekeliling peserta. “Panggungnya bagus, ya. Tempatnya kan tertutup, jadi bisa konsentrasi, tidak terganggu dengan apa yang terjadi di luar tempatnya. Baru pertama kali lomba di tempat tertutup,” ujar Bayu, salah satu peserta Musabaqah Tartil Quran. (anthea/ Humas UB)

Youtube Channel

Kontak

Sekretariat MTQ Mahasiswa Nasional XV Tahun 2017 ada di 2 (dua) lokasi:
  • Kantor Bagian Kemahasiswaan, Gedung Rektorat Lantai III Universitas Brawijaya, Jalan Veteran No. 1 Malang. Telp 0341-551611 ext 121, 122, 123. Fax. 0341-565420. Sekretariat di kampus UB ini sekaligus berfungsi sebagai Sekretariat Bersama.
  • Kantor Bagian Kemahasiswaan, Gedung A3, Lantai III Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang Nomor 5 Malang. Telp. 0341-551312, psw. 136 atau 138.
E-mail: panitiamtqmn15@ristekdikti.go.id
Weblink :

Four things support the world: the learning of the wise, the justice of the great, the prayers of the good, and the valor of the brave

Prophet Muhammad Source Title

Twitter Stream

Instagram Stream

View on Instagram @mtqmn15

Event Holder