Jaga Kesehatan Kafilah, Timkes UM Siaga 24 Jam

 

Timkes UM bergegas membawa salah satu panitia yang sakit ke ambulan untuk segera diberikan pengobatan di Poliklinik UM, Minggu (30/7).

Cuaca kota Malang yang dingin serta hujan yang datang tidak dapat diprediksi, mewarnai gelaran akbar Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) XV yang diselenggarakan Universitas Negeri Malang (UM) dan Universitas Brawijaya (UB). Oleh karena itu, Tim Kesehatan (Timkes) UM dituntut untuk mampu siap siaga 24 jam nonstop dalam mengawal kesehatan kafilah maupun panitia. Hal tersebut bertujuan agar kafilah maupun panitia segera mendapat pertolongan pertama ketika sakit. Baik sakit karena cuaca yang kurang bersahabat maupun sakit yang sudah diderita sebelum gelaran MTQMN XV bergulir.

Menurut dr. Ifa Mufida selaku dokter Timkes UM, pihaknya sudah menyebar timkes di setiap venue musabaqah dan di Ma’had UIN Maulana Malik Ibrahim yang berfungsi sebagai tempat tinggal kafilah. “UM menugaskan adik-adik dari KSR PMI (Korps Sukarela Palang Merah Indonesia, red) dan dari LKM (Lembaga Kesehatan Mahasiswa, red) yang sudah terlatih sebagai tombak pertama di lapangan,” ujarnya saat ditemui di Poliklinik UM, Minggu (30/7). Namun, Timkes UM yang berada di lapangan menangani sebatas pertolongan pertama. “Jika sakitnya cukup serius, maka kami memberikan advice untuk segera dibawa ke Poliklinik UM atau dirujuk ke rumah sakit terdekat,” tambahnya.

Sejauh ini, sudah terdapat lebih dari 50 orang kafilah maupun yang mendapatkan penanganan dari Timkes UM selama MTQMN XV. “Bahkan di ma’had kemarin ada yang sempat kami rujuk ke RSUB (Rumah Sakit UB) karena terus-terusan muntah,” kata dr. Ifa. Ia berpesan kepada para kafilah dan panitia agar senantiasa makan teratur. “Ada juga kafilah yang asam lambungnya kambuh,” tambah dokter berkerudung ini. Ia juga berpesan agar kafilah dan panitia mengonsumsi vitamin dan minum air putih dua liter sehari. Hal itu ia imbaukan agar para kafilah dan panitia tetap dalam kondisi fit hingga selesai gelaran yang memertandingkan 2.000 orang lebih dalam 13 kelompok musabaqah ini.

Penulis: Arvendo Mahardika

Editor: Fathiyatul Ummah

Youtube Channel

Kontak

Sekretariat MTQ Mahasiswa Nasional XV Tahun 2017 ada di 2 (dua) lokasi:
  • Kantor Bagian Kemahasiswaan, Gedung Rektorat Lantai III Universitas Brawijaya, Jalan Veteran No. 1 Malang. Telp 0341-551611 ext 121, 122, 123. Fax. 0341-565420. Sekretariat di kampus UB ini sekaligus berfungsi sebagai Sekretariat Bersama.
  • Kantor Bagian Kemahasiswaan, Gedung A3, Lantai III Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang Nomor 5 Malang. Telp. 0341-551312, psw. 136 atau 138.
E-mail: panitiamtqmn15@ristekdikti.go.id
Weblink :

Four things support the world: the learning of the wise, the justice of the great, the prayers of the good, and the valor of the brave

Prophet Muhammad Source Title

Twitter Stream

Instagram Stream

View on Instagram @mtqmn15

Event Holder