Indahnya Pluralisme Dalam Kehidupan Beragama

Jamaah antusias ikuti tabligh akbar bersama Prof. Dr. HM Roem Rowi, MA

Tabligh akbar hari ke-3 telah berlangsung di Masjid Al-Hikmah, Universitas Negeri Malang (UM), pada hari Senin (31/07) diikuti oleh para jamaah seusai salat zuhur. Acara tabligh akbar ini akan terus berlangsung hingga Rabu (02/07) mendatang sebagai rangkaian acara pendukung dari Musabaqah Tilawatil Quran (MTQMN) XV 2017. Tabligh akbar kali ini diisi oleh Prof. Dr. HM Roem Rowi, MA yang merupakan seorang pakar tafsir Alquran dan guru besar ilmu Alquran IAIN Sunan Ampel Surabaya. Tabligh akbar ini digelar terbuka untuk masyarakat umum secara gratis.

Sebelum acara tabligh akbar ini dimulai, banyak persiapan yang dilakukan agar acara tausiyah berjalan dengan lancar. Mulai dari pengecekan sound dan penyiapan layar proyektor diletakkan di teras masjid bagian samping untuk para jamaah wanita agar dapat melihat wajah dari pemateri tausiah. Tema tabligh akbar kali ini tidak jauh dari tema-tema hari sebelumnya tentang Alquran, yaitu “Alquran dan Pluralisme”. Dalam tausiahnya, dijelaskan tentang apa itu Alquran, isi, dan makna Alquran. Alquran sendiri menghimpun huruf demi huruf, kata demi kata, dan kalimat demi kalimat yang akhirnya menjadikan sebuah informasi dan kebenaran. Dijelaskan juga bahwa Alquran menghimpun kebenaran kitab-kitab yang terdahulu seperti Taurat, Zabur, dan Injil. Serta dijelaskan isi dan makna dari surat Al-Fatihah yang merupakan miniatur dari Alquran sendiri. Tidak ketinggalan juga dijelaskan tentang arti dari pluralisme yaitu suatu paham yang mengajarkan bahwa semua agama adalah sama dan karenanya kebenaran setiap agama adalah relatif. oleh sebab itu, setiap pemeluk agama tidak boleh mengklaim bahwa hanya agamanya saja yang benar sedangkan agama yang lain salah. Tanzilla

Youtube Channel

Kontak

Sekretariat MTQ Mahasiswa Nasional XV Tahun 2017 ada di 2 (dua) lokasi:
  • Kantor Bagian Kemahasiswaan, Gedung Rektorat Lantai III Universitas Brawijaya, Jalan Veteran No. 1 Malang. Telp 0341-551611 ext 121, 122, 123. Fax. 0341-565420. Sekretariat di kampus UB ini sekaligus berfungsi sebagai Sekretariat Bersama.
  • Kantor Bagian Kemahasiswaan, Gedung A3, Lantai III Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang Nomor 5 Malang. Telp. 0341-551312, psw. 136 atau 138.
E-mail: panitiamtqmn15@ristekdikti.go.id
Weblink :

Four things support the world: the learning of the wise, the justice of the great, the prayers of the good, and the valor of the brave

Prophet Muhammad Source Title

Twitter Stream

Instagram Stream

View on Instagram @mtqmn15

Event Holder