Bupati Malang: MTQMN XV Ajang Dongkrak Pariwisata dan Ekonomi

Bupati Malang Rendra Kresna memberikan sambutan sekaligus promosi pariwisata Kabupaten Malang pada Gala Dinner Bersama Kafilah MTQMN XV, Minggu (30/7)

Ajang bergengsi Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) XV yang diselenggarakan di Universitas Brawijaya (UB) dan Universitas Negeri Malang (UM) tak dipungkiri membawa dampak yang luas, khususnya pada masyarakat Malang Raya. Dikatakan Bupati Malang Dr. H. Rendra Kresna, pihaknya getol memanfaatkan momen dua tahunan ini sebagai sarana promosi pariwisata daerahnya. “Secara tidak langsung, meskipun para kafilah menginap di ma’had UIN (Maulana Malik Ibrahim, red), tetap saja ofisial banyak menginap di hotel-hotel wilayah Malang Raya, hal tersebut bisa menumbuhkan ekonomi masyarakat sekitar,” ujarnya pada kesempatan gala dinner bersama kafilah dan ofisial MTQMN XV di Pendopo Kabupaten Malang, Minggu (30/7).

Pada gala dinner yang dihadiri Rektor UM, Prof. Dr. Ahmad Rofi’uddin, M.Pd. dan Rektor UB, Prof. Dr. Mohammad Bisri, M.S. tersebut ia juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Malang melalui Dinas Pariwisata akan menyediakan transportasi gratis dan menggratiskan pula tiket masuk ke pantai-pantai yang berada di kawasan Malang selatan, khusus bagi kafilah dan ofisial yang sedang tidak bermusabaqah. “Tapi untuk makannya, ditanggung sendiri ya,” canda Rendra yang kemudian disambut tawa peserta gala dinner.

Selain pantai, ia juga mempromosikan beberapa pariwisata yang ternama di kabupaten Malang, khususnya wisata religi seperti Masjid Tiban di Turen. “Masjid Tiban yang dianggap masyarakat sekitar berdiri tiba-tiba, kami gencarkan promosinya, sehingga setiap hari puluhan bus yang mengunjungi dan juga banyak yang dari Malaysia dan Singapura,” kata Rendra. “Pintu masuk Gunung Bromo pun, yang paling indah dan paling dekat dengan puncak ya tempatnya di kabupaten Malang,” tambahnya. Karena banyaknya tempat wisata, Rendra mengimbau pada kafilah untuk tinggal lebih lama di Malang. “Meskipun musabaqah berakhir tanggal 3 Agustus, setidaknya kafilah menetap untuk berwisata di sini saja, hingga setidaknya tanggal 7,” kelakar Rendra yang diiringi ruih tawa peserta gala dinner yang bernuansa malangan tersebut.

Penulis : Arvendo Mahardika

Editor  : Fathiyatul Ummah

Youtube Channel

Kontak

Sekretariat MTQ Mahasiswa Nasional XV Tahun 2017 ada di 2 (dua) lokasi:
  • Kantor Bagian Kemahasiswaan, Gedung Rektorat Lantai III Universitas Brawijaya, Jalan Veteran No. 1 Malang. Telp 0341-551611 ext 121, 122, 123. Fax. 0341-565420. Sekretariat di kampus UB ini sekaligus berfungsi sebagai Sekretariat Bersama.
  • Kantor Bagian Kemahasiswaan, Gedung A3, Lantai III Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang Nomor 5 Malang. Telp. 0341-551312, psw. 136 atau 138.
E-mail: panitiamtqmn15@ristekdikti.go.id
Weblink :

Four things support the world: the learning of the wise, the justice of the great, the prayers of the good, and the valor of the brave

Prophet Muhammad Source Title

Twitter Stream

Instagram Stream

View on Instagram @mtqmn15

Event Holder