Ajarkan Cinta Tanah Air Melalui Sarasehan Nasional Islam dan Kebangsaan

Dr. A. Rosyid Al Atok, M.Pd., M.H

Dalam rangka menyambut MTQMN XV tahun 2017, Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan Sarasehan Nasional dan Kebangsaan yang dilaksanakan pada hari Rabu (02/08),  Dr. A. Rosyid Al Atok, M.Pd, M.H menceritakan kecintaan Rasulullah terhadap tanah Mekkah, bahwa Nabi Muhammad SAW memendam semacam rindu, cinta kepada tanah air dan tanah kelahirannya. Nabi Muhammad SAW saat tinggal di Madinah Beliau juga mencintai Madinah, sama seperti mencintai Mekkah.

Perang membela tanah air sesuai dengan nilai nilainya, terkandung dalam Al Qur’an Surah Al-Haj:39-40 yang artinya “Telah diizinkan (berperang) bagi orang-orang yang diperangi, karena sesungguhnya mereka telah dianiaya. Dan sesungguhnya Allah, benar-benar menolong mereka itu, (QS. 22:39) (yaitu) orang-orang yang telah diusir dari kampung halaman mereka tanpa alasan yang benar, kecuali karena mereka berkata: ‘Rabb kami hanyalah Allah.’ Dan sekiranya Allah tidak menolak (keganasan) sebagian manusia dengan sebagian yang lain, tentulah telah dirobohkan biara-biara Nasrani, gereja-gereja, rumah-rumah ibadah orang Yahudi dan masjid-masjid, yang di dalamnya banyak disebut nama Allah. Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama)-Nya. Sesungguhnya Allah benar-benar Mahakuat lagi Mahaperkasa”.

Cinta tanah air, bukan hanya sekedar perang untuk membela tanah air, namun juga menghormati dan menghargai perbedaan. Menghormati dan menghargai perbedaan , hidup bersama dan larangan fanatisme (suku).

 “Islam sangat berpengaruh bagi kemerdekaan Indonesia, terbentuknya Negara Republik Indonesia baik dari pemuda pemudinya melalui berbagai organisasi, dan Islam itu  memiliki peran dalam pembentukan kebangsaan Indonesia,” ujar Nikma mahasiswa dari Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan.

Penulis: Cintya

Editor : Fathiyatul Ummah

Youtube Channel

Kontak

Sekretariat MTQ Mahasiswa Nasional XV Tahun 2017 ada di 2 (dua) lokasi:
  • Kantor Bagian Kemahasiswaan, Gedung Rektorat Lantai III Universitas Brawijaya, Jalan Veteran No. 1 Malang. Telp 0341-551611 ext 121, 122, 123. Fax. 0341-565420. Sekretariat di kampus UB ini sekaligus berfungsi sebagai Sekretariat Bersama.
  • Kantor Bagian Kemahasiswaan, Gedung A3, Lantai III Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang Nomor 5 Malang. Telp. 0341-551312, psw. 136 atau 138.
E-mail: panitiamtqmn15@ristekdikti.go.id
Weblink :

Four things support the world: the learning of the wise, the justice of the great, the prayers of the good, and the valor of the brave

Prophet Muhammad Source Title

Twitter Stream

Instagram Stream

View on Instagram @mtqmn15

Event Holder